Kali ini belajarsketchup akan berbagi tip bagaimana cara mencerminkan sebuah objek atau geometri di SketchUp. Tips ini akan sangat berguna khususnya saat kita harus membuat sebuah model yang bentuknya simetris. Saat kita dituntut untuk lebih produktif dengan keterbatasan waktu, mengetahui di mana, dan kapan, membuat cermin objek bisa menghemat banyak waktu.
Selanjutnya kita akan sama-sama belajar bagaimana cara mencerminkan sebuah obyek dengan menggunakan Perangkat Scale, Move, serta Flip Along. Sebagai contoh kita akan membuat model sebuah TV tabung. Untuk membuat tv tabung kita akan mencoba menggunakan teknik pencerminan dengan hanya membuat separuh model saja lalu tinggal dicerminkan.
Cara mencerminkan geometri di SketchUp menggunakan Perangkat Scale
Metode ini paling banyak digunakan, cepat, sederhana dan efektif dalam berbagai kondisi.
Obyek Yang Akan Dicerminkan |
Untuk mencerminkan sebuah objek menggunakan Perangkat Scale, sebelumnya Anda perlu memilih objek, ini bisa berupa geometri berdiri sendiri, geometri yang sudah dikelompokkan atau komponen.
Selanjutnya Anda harus menyalin objek. Cara tercepat untuk menduplikasi ini adalah dengan menggunakan CTRL + Move.
Obyek yang sudah dicopy |
Selanjutnya pilih scale tool dan gunakan skala -1 kearah sumbu pencerminan.
Menggunakan Scale Tool |
Rapikan letak obyek dengan Move Tool
Cara mencerminkan geometri di SketchUp menggunakan perintah Flip Along
Menggunakan perintah Flip Along bahkan bisa lebih cepat. Cara membuat duplikat seperti di atas. Terakhir pilih objek lalu klik kanan seanjutnya pilih Flip Along.
Gunakan Flip Along Red |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar