Selasa, 05 Desember 2017

Membuat Teks Efek Jahitan

Mungkin diantara kita udah pernah donk lihat jahitan di pinggir baju atau celana kita, terutama celana Jeans. Nah kali ini kita akan coba terapkan pada teks dengan menggunakan Photoshop. Sebagai preview biar kamu gak penasaran kau bisa lihat gambar ini, nantinya hasil akhir seperti ini yang akan kita buat.
efek teks jahitan
Gambar : Efek Teks Jahitan
Sepertinya kata pembuka saya udah jelas donk untuk menerangkan maksud tutor kita hari ini, supaya lebih jelas lagi kita langsung aja d menuju tutornya.
1.Buka Photoshop kamu lalu Pilih File ->New, buatlah pengaturan layer kerja seperti gambar di bawah ini.
jahit 1
2. Double klik layer background lalu pada namenya masukkan "Background" sebagai layer namenya.
jahit 2
3. Setelah layer Background terbentuk double klik kembali layer Backgeound tersebut kemudian pilih Pattern Overlay. Pada Pattern Overlay pilih tanda segitiga kebawah untuk memilih Pattern, setelah library Pattern terbuka pilih tanda segitiga kesamping kemudian pilih Pattern 2.
jahit 3
4. Setelah Pattern 2 telah terpilih kemudian pada kotak dialog yang muncul pilihlah Append.
jahit 4
5. Nah pada library Pattern sekarang telah di load pattern yang ada di Pattern 2. Pada Library Pattern Pilihlah jenis Denim pattern kemudian pilih OK.
jahitan
6. Pilih Type Text Tool pada menu toolbox kemudian lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini.
jahit 6
7. Tulislah teks yang ingin kamu jadikan sebagai efek jahitannya, bisa nama kamu atau apa saja. Cntoh saya disini menulis "ILMUGRAFIS" sebagai contoh yang akan saya jadikan efek jahitan.
jahit 7
(NB : Agar terlihat rapi aturlah teks agar tidak terlalu besar supaya nanti ketika efek jahitan dimasukkan tidak melebihi area kerja)
8. Buatlah layer baru diatas layer teks kemudian beri nama Layer menjadi "Efek Jahitan".
jahit 8
9. Kali ini kita akan buat terlebih dahulu Efek jahitannya dengan brush, maka pilih File -> New buatlah pengaturan layer kerja seperti gambar di bawah ini.
jahit 9
10. Pilih Tool Brus pada menu Tool Box atau cukup tekan B pada keyboard. Jika sudah atur diameter Brush seperti gambar di bawah ini.
jahit 10
11. Setelah itu dengan menggunkan Brush Tool buatlah Huruf V seperti gambar dibawah ini.
jahit 11
12. Pada Bagian atas menu pilih Edit kemudian pilihlah Define Brush Preset. Pada Kotak name masukkanlah "Efek Jahitan" sebagai name brushnya.
jahit 12
jahit 13
13. Kembali lagi ke layer kerja kita sebelumnya pilih layer Efek Jahitan kemudian Pilih Brush Tool kembali lalu pilih Windows -> Brushes.
jahit 14
14. Pada kotak pengaturan Brush lakukanlah pilihlah brush yang telah kita simpan dengan nama "Efek Jahitan" lalu lakukan pengaturan Pada Brush Tip shape seperti gambar di bawah ini.
jahit 15
15. Setelah lakukan pengaturan pada Brush Tip Shape, lakukan kembali pengaturan pada Shape Dynamic seperti gambar di bawah ini.
jahit 16
16. Pengaturan Brush telah selesai kita lakukan, tutuplah kotak dialog opengaturan Brush. Jika sudah klik kanan pada layer Teks pilih Create Work Path.
jahit 17
17. Pada menu Toolbox pilihlah Direct Selection Tool
jahit 18
18. Klik kembali layer Efek Jahitan kemudian klik kanan pada teks yang ada di area kerka pilihlah Stroke Path..
jahit 19
19. Pada menu Kotak Stroke Path pilihlah Brush.
jahit 20
20. Sip d Efek Jahitan telah terbentuk dengan sempurna.
efek teks jahitan
Saya rasa tutor teks efek jahitan saya akhiri sampai disini dulu sampai disini jika ada yang kurang dipahami atau kurang dimengerti langsung aja kirim pertanyaan maupun kritik dan saran kontak penulis bawah ini.
Terima kasih telah mengikuti tutor ini jika ada salah kata maupun pemahaman yang kurang dimengerti mohon maaf sebelumnya.. Sampai bertemu lagi di tutorial berikutnya..


Sumber : http://www.ilmugrafis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Text Halftone Effect

Pada tutorial text effect kali ini kita akan belajar bagaimana membuat text efek dengan background halftone yang keren dengan aplikasi krea...